Thursday 16 January 2014

Khasiat Habbatussauda

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Habbatussauda' dapat meningkatkan jumlah sel-sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Keberkesanannya hingga 72% jika dibandingkan dengan placebo hanya 7%. Dengan demikian, memakan habbatussauda’ dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada tahun 1993, DR. Basil Ali dengan rakan sejawatnya dari College of Medicine, Universiti King Faisal menerbitkannya dalam jurnal Pharmaseutik Saud. Kemampuan ekstrak Habbatussauda’ diakui Prof G Reitmuller, Direktor Institut Immunologi Universitas Munich, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan bioregulator. Dengan demikian, Habbatussauda’ dapat dijadikan ubat untuk penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, seperti kanser dan AIDS.

Meningkatkan daya ingatan dan konsentrasi

Dengan kandungan asid linoleat (omega 6) dan asid linoleat (omega 3), Habbatussauda merupakan nutrisi bagi sel otak untuk meningkatkan daya ingatan dan kecerdasan. Habbatussauda’ juga memperbaiki peredaran darah ke otak dan sangat sesuai diberikan kepada anak usia kecil yang dalam pertumbuhan dan juga orang tua yang lanjut usia.

Nutrisi bagi orang tua

Kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan tenaga sangat ideal untuk orang yang berusia lanjut, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitaliti sel otak agar tidak cepat nyanyuk. Habbatussauda’ mengandungi 15 jenis asid animo penyusun isi protein termasuk di dalamnya 9 asid amino esensial. Asid amino tidak dapat dihasilkan oleh tubuh dalam jumlah yang mencukupi, oleh kerana itu harus diperoleh dari makanan.

Meningkatkan bioaktiviti hormon

Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang masuk dalam peredaran darah. Dalam tubuh manusia terdapat pelbagai jenis hormon di ataranya hormon reproduksi yang berhubungan dengan ghairah seksual. Salah satu kandungan Habbatussauda adalah setrol yang berfungsi sebagai sintesis dan bioaktiviti hormon.

Meneutralkan racun dalam tubuh

Racun dapat menganggu metabolisme dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan keracunan dapat berupa cirit birit, muntah, pening, gangguan pernafasan dan menurunkan daya konsentrasi. Habbatussauda’ mengandung saponin yang dapat meneutralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

Mengatasi gangguan tidur dan stress

Sapion yang terdapat pada Habbatussauda’ mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan saraf. Sapion berfungsi mempertahankan diri dari perubahan persekitaran, gangguan tidur dan dapat menghilangkan stress.

Anti histamin. Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asthma bronkial. Minyak Habbatussauda’ dapat mengisolasi dithymoquinone. Minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella. Pemberian minyak ini memberi kesan positif terhadap penderita asthma bronkial.

Penelitian yang dilakukan oleh Nirmal Chakravaty MD pada tahun 1993 membuktikan kristal dari negelone memberi efek suppresive. Kristal-kristal ini dapat menghambat protemkinasi C, sebuah zat yang memicu pelepasan histamin.

Penelitian lain juga membuktikan hal serupa. Kali ini dilakukan oleh Dr. Med. Peter Schleincher, ahli immunologi Universitas Munich. Yang melakukan pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70% penderita alergi debu, serbuk, jerawat dan asthma sembuh setelah diberi minyak nigella (Habbatussauda’). Dalam praktiknya Dr. Schleincher memberi Habbatussauda’ ke pesakitnya yang menderita influenza.

Memperbaiki saluran pencernaan dan anti-bakteria

Habbatussauda’ mengandung minyak essential dari minyak volatile yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak essential digunakan untuk obat cirit birit. Pada tahun 1992, Jurnal Farmasi Pakistan membuat hasil penelitian yang membuktikan minyak volatile lebih ampuh membunuh strain bakteria V Cholera dan E Coli berbanding antibiotik seperti ampicilin dan tetrasiklin.

Melancarkan air susu ibu

Kombinasi unsaturated fats dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak Habbatussauda’ dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian ini dimuat dalam literature penelitian Universiti Potchetstroom tahun 1989.

Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan kanak-kanak

Pada masa pertumbuhan, anak memerlukan nutrusi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara natural, terutama pada musim hujan anak sangat mudah terkena selsema dan kesejukan.

Kandungan Omega 3, Omega 6 dan Omega 9 yang terdapat pada Habbatussauda’ merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak.

Anti-tumor dan anti-kanser

Minyak Habbatussauda’ diperkenalkan pakar kanser Immonobiologi Laboratory dari Carolina Selatan. Habbatussauda’ dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan. Interferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merosak sekaligus memusnahkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibodi.

Sumber artikel ini termasuk:
http://cintaherbal.wordpress.com
www.kaahil.wordpress.com

No comments:

Post a Comment